Daurah Marhalah 1 2011

Jumat, 07 Oktober 2011
Generasi-generasi yang emas tidak hanya ada begitu saja dan tidak hanya dilahirkan tapi membutuhkan proses. Kondisi bangsa Indonesia sekarang masih sangat perlu banyak perubahan dan perbaikan agar seluruh rakyat bisa merasakan dan menikmati kekayaan potensi bangsa yang kita miliki. Maka perlu adanya generasi perubahan yang mampu menjadikan bangsa ini bisa kokoh dan maju sehingga tidak ada lagi akan rakyat yang kelaparan, kemiskinan, maupun tingkat korupsi yang tinggi. Ini semua berawal dari pemuda yang ditanamkan mental positif pada dirinya maka perjuangan para pejuangan bangsa akan terus membara.

Kammi Komisariat Soedirman untuk mencetak generasi telah mengadakan Daurah Marhalah (DM) 1 yang berlokasi di Balai Benih Ikan, Tambaksogra, Banyumas. Acara ini diadakan pada tanggal 30 September - 2 Oktober 2011. Jumlah peserta yang mengikuti DM 1 ini berjumlah 63 orang dengan jumlah ikhwan 18 orang dan akhwat 45 orang dari fakultas yang berada di Unsoed seperti Faperta, Fapet, Fabio, FKIK, Fakultas Sains Teknik, dan JPK. Tidak hanya berasal dari Komsoed saja tapi ada yang dari Khatoza dan UMP menjadi anggota peserta DM 1. 

Gambar 1. Peserta Daurah Marhalah 1

Gambar 2. Ketika sedang materi berlangsung

Rangkaian acara yang dilaksanakan pada DM 1 berupa materi-materi dasar wajib seperti, Syahadatain, Syumuliatul Islam, Problematika Umat dan Peran Pemuda Islam. Lalu ada beberapa materi yang disampaikan kepada peserta sebagai perkenalan KAMMI seperti, Ke-KAMMI-an dan Manajemen Advokasi. Tidak hanya ini saja yang menjadi rangkain DM 1, ada kegiatan Muhasabah, Riyadoh, diskusi FGD dan simulasi manajemen advokasi. Diakhir acara ditutup dengan uji komitmen dan pengesahan anggota yang dipimpin oleh ketua umum Komsoed.

Gambar 3. Indahnya ukhuwah saat makan

Gambar 4. Simulasi manajemen advokasi

Kader-kader yang berkualitas dan bukan kuantitas yang dibutuhkan supaya bangsa ini bangkit dari keterpurukannya. Akan lahir pemimpin-pimpin bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita bangsa dari sesosok pemuda. Presiden RI pertama (Soekarno) mengatakan, "Berilah aku 10 pemuda, dan akan ku kuasai dunia!". Begitulah besar peran pemuda yang mampu mengubah dan melahirkan adanya kemajuan bangsa. Hayo pemuda bangkitlah dan terus berkarya!

Salam Muslim Negarawan!

Oleh : Saddam Husein Saputra
Kedokteran  Unsoed
Humas Komsoed :)

0 komentar:

Posting Komentar